Penjelasan Al-Qur’an Tentang Harga Makhluk yang Bernama Manusia

Penjelasan Al-Qur’an Tentang Harga Makhluk yang Bernama Manusia (Ilutrasi)


Penjelasan Al-Qur’an Tentang Harga Makhluk yang Bernama Manusia


FolderIslamku.blogspot.com - Manusia teramat sangat mahal nilainya. Al-Qur’an menghargai 1 jiwa manusia sebanding dengan seluruh isi kehidupan di dinia ini.

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

“Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: Siapa yang memebunuh seoraang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan siapa saja yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.” (QS al-Maidah [5] : 32).

Pada tiap pribadi kita masing-masing, ada nilai kemanusiaan universal yang mendasar. Kejahatan atau kebaikan seseorang pada orang lainnya tidak hanya diganjar sebatas muatan pribadi an-sich, melainkan menurut Al-Qur’an sebagai kejahatan atau kebaikan pada kemanusiaan universal. Begitulah Allah memberi pengharggaan kepada manusia, ciptaan-Nya.

Jika sekiranya kita berangggapan bahwa fisik biologis ini hanya akan sangat mahal ketika ditempeli dengan asesoris, perhiasan, emas, berlian atau pernak-pernik yang begitu menggiurkan bahkan dengan pakaian yang begitu mewah sehingga anda baru menganggap bahwa diri ini sangat mahal harganya. Namun sesungguhnya, tanpa ditempeli dengan semua itu harga manusia sudah sangat-sangat mahal tak terhitung nilainya. Benda sekecil apapun yang melekat pada diri kita akan menjadi sangat tinggi nilainya.

Dr. Harol J. Morovitz, pernah menaksir harha beberapa komponen-komponen kimia darah manusia. Menurutnya bila seseorang berbobot 60 kg, maka nilai zat-zat kimia dalam plasma darah dan hormone tubuhnya berkisar 76 juta U$. atau kita berandai-andai saja, menghargai 1 sel yang dimiliki tubuh manusia dengan harga paling minimal dari mata uang rupiah yaitu 1 rupiah, maka total harga fisik biologi manusia mencapai kurang lebih 100 triliun rupiah. Satu jumlah uang yang fantastis bagi orang paling kaya di dunia sekalipun. Tuhan  sendiri telah bersumpah dalam Al-Qur’an:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِي

 “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam desain yang sebaik-baiknya,” (QS al-Tin [85]: 4).

Atau seperti yang maasih tertulis dalam Mazmur (Zabur) 139:14 “Aku bersyukur Kepada-Mu, karena kejadianku dahsyat dan ajaib. Ajaib apa yang Kau buat dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Seorang dokter spesialis anestesi, dr. Ade Hasman menuturkan sekilas daftar data-data numerik yang ajaib dan fantastis yang berlangsung sehari-hari dalam tubuh kita, agar menjadi catatan penting untuk diingat bahwa betapa canggihnya tubuh ini didesain dengan sangat luar biasa. Tertitip pada diri kita amanat lebih dari 3 triliun sel dalam setiap kilogram bagian tubuh atau lebih dari seratus triliun sel dalam satu individu dengan lebih dari 200 jenis sel-sel yang berbeda dan lebih dari 3 miliar data genetis yang harus kita rawat dan pelihara.

Sejak kecil keluarbiasaan fenomena biologis sudah terlihat dalam kehidupan manusia. Konon  sebelum ulang tahun pertamanya, seorang bayi telah merangkak sejauh 150 km dan ketika kelak dewasa ia telah melangkah sejauh 22.000 km. diperkirakan sepanjang hidup, rata-rata seseorang telah berjalan sejauh dua kali jarak tempuh mengelilingi dunia ini.

Otak yang ada dikepala manusia sering disebut sebagai miniature alam raya. Otak mengatur team kerja tubuh yang tersusun sekitar 50-100 triliun sel. Setiap sel umumnya tidak bertahan hidup lebih dari beberapa tahun. Kecepatan otak menampung referensi sangat mengagumkan, manusia belajar kata baru tiap 2 jam selama 10 tahun pertama hidupnya. Saat usia anak memasuki 10 tahun, jantungnya telah berdetak 360 juta kali dan sepanjang usia rata-rata manusia, jantung telah berdenyut sebanyak 3000.000.000 kali.

Kontraksi yang kuat dari jantung dapat menyemprotkan darah sejauh 12 meter. Sepanjang hidup jantung telah memompa 200 juta liter darah yang bisa mengisi kolam renang cukup dalam untuk menenggelamkan Tugu Monas dan telah menghantar sekitar 9,6 miliar liter oksigen (O₂). Di dalam paru-paru terdapat 300 juta alveolus yang apabila dihamparkan akan sama luasnya dengan setengah lapangan tenis, yang sanggung menghisap 2 juta liter oksigen perharinya untuk mendistribusikan kepada 5 triliun sel darah merah.

Kemampuan deteksi indra sangat dahsyat , telinga mengerti darimana datangnya suara meski selisih arah hanya 1/1.000.000 detik dari telinga kanan ke telinga kiri dan mapu membedakan 1.600-an frekwensi suara yang berbeda. Hidung manusia mampu membedakan 50.000 aroma. Mata manusia yang beratnya hanya sekitar 28 gram didesain mampu membedakan lebih dari 1 juta warna, memiliki 130 juta sel peka cahaya yang mengirimkan implus ke otak. Kelopak mata berkedip setiap 2-10 detik atau sebanyak 20.000 kali dalam sehari agar mata tetap bersih, basah, dan terpelihara. Diperkirakan kita membuang 65 liter air mata seumur hidup kita. Ginjal kita menyaring 1700 liter cairan seharinya. Suatu jumlah yang fantastis untuk organ yang berat totalnya hanya 10 ons.

Itulah sekilas ilustrasi yang dipaparkan dr. Ade Hasman, Sp.An. tentang keajaiban yang terjadi didalam tubuh Manusia, yang cukup menggambarkan tubuh kita sepanjang hari begemuruh dalam kesibukan yang luar biasa. Banyak peristiwa-peristiwa yang tidak mampu kita rasakan dan tidak pernah terbayang dalam benak kita. Pada hakikatnya tidak ada kehidupan yang merupakan kisah yang biasa biasa saja, karena setiap saat kita melakukan hal yang luar biasa baik kita sadari ataupun tidak.

Apakah anda masih menganggap bahwa seorang manusia itu tidak mempunyai harga yang begitu fantastis?, ataukah tubuh yang anda miliki saat ini hanya biasa-biasa saja?. Tentun tidak, saat ini mungkin anda bisa merenung bahwa betapa berharga dan mahalnya tubuh ini yang telah diciptakan Tuhan sebagai manusia. Maka sudah sepatutnya, sebagai manusia untuk senantiasa selalu bersyukur atas nikmat yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita,  wallahu’alam. FolderIslamku.blogspot.com
Penjelasan Al-Qur’an Tentang Harga Makhluk yang Bernama Manusia Penjelasan Al-Qur’an Tentang Harga Makhluk yang Bernama Manusia Reviewed by folderislamku.blogspot.com on March 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.