Rahasiah Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT

Rahasiah Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT (ilustrasi)

Rahasiah Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT


FolderIslamku.blogspot.com Didalam islam doa adalah cara ampuh untuk meminta kepada Allah SWT atas segala sesuatu yang diinginkan dan dicita-citakan. Namun agar doa didengar serta dikabulkan, hendaknya memahami tata cara atau adab dalam berdoa maupun berzikir.

Dalam berdoa untuk memohon kepada Allah Swt hendaknya dilakukan pada waktu yang mulia, seperti pada hari Jumat, hari Arafah, bulan Ramadan, dan sepertiga malam. Kemudian ketika berdoa harus dalam keadaan yang khidmat, seperti pada waktu sujud, sebelum dan setelah salat wajib.

Dalam berdoa, kita juga harus merendahkan diri dihadapan Allah Swt dengan penuh harap agar doa yang kita panjatkan dapat diterima dan menggunakan bahasa yang sederhana serta suara yang lemah lembut. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-A'raf:

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS Al A'raf: 55)

Kemudian bersabar dalam doa, tidak bosan dan putus asa. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al Baqarah: 153).

Berdoa dengan ber-tawassul atau menggunakan nama-nama Allah SWT yang mulai dan sifatNya yang Maha Tinggi. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

"Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu." (QS Al Araf:180).

Lalu ketika berdoa hendaklah berdoa dalam keadaan suci, memakai pakaian yang bersih, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang halal.

Setalah mengetahui bagaimana tata cara dan adab-adab dalam berdoa, kita juga harus tau apa Rahasia Berdoa Agar Dikabulkan Allah Swt.

IHSAN

Ihsan artinya sekan-akan kita melihat Allah SWT dan jika tidak mampu berbuat demikian, hendaknya kita yakin bahwasanya Dia melihat kita.

Allah SWT senantiasa melihat dan memperhatikan tingkah laku kita. Karena itu, kita harus benar-benar takut untuk berbuat sesuatu yang tidak disukai-Nya, yakni perbuatan yang tidak diridhai Allah SWT.

Orang yang ihsan adalah orang yang berhati baik, baik dalam perkataan dan juga dalam perbuatan. Segala sesuatunya selalu disertai dengan niat yang baik pula. Jadi, orang ihsan bila berdoa kepada Allah, ia selalu merasa dirinya dekat kepada-Nya, menyampaikan permohonannya secara langsung dengan kata-kata yang tersusun baik dan tidak mempunyai pikran lain kecuali Allah SWT semata yang ada di benak hati sanubarinya.

KHUSYU'

Khusyu’ ialah memusatkan pikiran secara bulat-bulat dan fokus hanya kepada Allah SWT. Disamping pikiran terpusat dan tetap ke hadirat Allah semata-mata, kita harus mendengarkan perkataan lisan dan per kataan hati kita dengan seksama serta memperhtikan pula maksud dan tujuannya. Begitulah hendaknya keadaan kita sepanjang doa yang kita panjatkan sampai akhir.

TAKWA

Orang yang bisa bersama dengan Allah SWT adalah orang yang takwa, karena orang yang bertakwa itu selalu tunduk dan patuh terhadap kehendak Allah SWT.

Takdir yang berlaku atas dirinya atau apa yang berlaku di luar dirinya, semuanya itu ia terima dengan hati yang tulus, dengan rasa syukur sebagai kehendak Allah SWT.

Perintah dan larangan selalu dijunjung dan ditaatinya sehingga dengan demikian ia dapat meresapkan kemauan Allah SWT yang haqiqi yang harus berlaku atas segala hamba-Nya.

Karena itu, apabila orang mau tunduk dan patuh kepada kehendak Allah SWT, maka Dia akan melapangkan jalan tempat kita berusaha dan bekerja.

BERKEYAKINAN

Kita berdoa tidak boleh mengenal bosan dan jemu atau kandas di tengah jalan. Kita berdoa bukan hanya sekali atau dua kali saja, tapi berulang-ulang.

Memang doa ini adakalanya kontan terkabul dan adakalanya juga lama sekali terkabulnya Sebab kehendak Allah berlaku menurut tadirnya, maka takdirnya sesuatu adalah sampai waktunya menurut takdir-Nya. Oleh karn itu, berdoa harus penuh pngharapan dan keyakinan.

Senantiasa berdoa setiap selesai shalat. Lakukanlah dengan penuh semangat, tidak mengenal jemu dan bosan. Jangan berhenti di tengah jalan. Berdoalah terus dengan harapan doa itu akan dikabulkan.
Berhenti di tengah jalan adalah putus asa. Sedangkan putus asa itu mengandung pengertian memutuskan hubungan dengan Dzat Yang memberikan pengabulan atas segala doa.

BERUSAHA

Setelah memohon doa kepada Allah SWT, Kita harus berusaha untuk mendapatkan apa yang telah kita minta kepada-Nya melalui doa yang kita panjatkan. Karena atas kehendaknya akan ada kemudahan yang akan kita peroleh untuk menggapai sesuatu yang kita dambakan atau yang kita inginkan.

Karena dengan berusaha dan kerja keras doa kita akan dikabulkan oleh Allah Swt. Semoga apa yang kita doakan dapat dikabulkan-Nya. Semoga artilkel ini bermanfaat dan bernilai ibadah disisi Allah SWT. FolderIslamku.blogspot.com
Rahasiah Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT Rahasiah Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT Reviewed by folderislamku.blogspot.com on September 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.