Mengenal Sosok Imam Mahdi dan Siapakah Al-Mahdi?


Mengenal Sosok Imam Mahdi dan Siapakah Al-Mahdi? (Ilustrasi)

Mengenal Sosok Imam Mahdi dan Siapakah Al-Mahdi?

FolderIslamku.blogspot.com Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Namanya seperti namaku dan nama bapaknya seperti nama bapakku." Jadi, namanya ialah Muhammad bin Abdullah. Al-Mahdi berasal dari garis keturunan Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam.

Sedangkan Imam Mahdi atau Al-Mahdi dalam bahasa Arab yang berarti seorang pemimpin, orang yang ditunggu, orang yang dinanti, orang yang diharapkan kedatangannya setelah baginda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam oleh seluruh umat muslim, karena ia merupakan orang pilihan Allah SWT yang akan memimpin seluruh umat muslim diseluruh dunia setelah Rasulullah.

Imam Mahdi adalah manusia biasa yang merupakan pilihan Allah SWT dari garis keturunan baginda Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam. Imam Mahdi adalah Keturunan Nabi Muhammad, yang mempunyai kesamaan dengannya. Bukan berarti kemiripan dalam bentuk fisik saja melainkan juga dari segi sakap dan perilaku Rasululllah Sallallahu Alaihi Wasallam.
 
Ciri-ciri Imam Mahdi

Menurut Syekh Ali Jumah, di antara tanda Al-Mahdi adalah Allah akan menanamkan cinta dalam hati umat Islam kepada Al-Mahdi (an yulqiya allah fi qulubihim al-mahabbah). Ini adalah ciri yang penting untuk mengidentifikasi Al-Mahdi.

Menurut Al-Mubarakfuri, riwayat Al-Tirmidzi  adalah salah satu yang berkualitas sahih di antara hadis-hadis tentang Al-Mahdi. Al-Tirmidzi meriwayatkan tiga buah hadis mengenai Al-Mahdi. Abu Daud meriwayatkan sebelas hadis. Ibnu Majah meriwayatkan tujuh buah hadis. Ibnu Majah meriwayatkan tujuh buah hadis. Dari riwayat Al-Tirmidzi, dapat dipahami beberapa ciri Al-Mahdi. Pertama, berasal keturunan keluarga Nabi saw. Kedua, dia akan menguasai bangsa Arab atau seluruh dunia Islam menurut sebagian penafsiran. Ketiga, namanya sesuai dengan nama Nabi saw. Muhammad bin Abdullah.

Azhim Abadi (w. 1329 H.) menyatakan bahwa munculnya Al-Mahdi di akhir zaman merupakan keyakinan umat Islam selama berabad-abad. Ciri-cirinya di antaranya: (1) ia berasal dari Ahli Bait, (2) kedatangannya akan menguatkan agama Islam, (3) meratakan keadilan, (4) diikuti umat Islam, (5) menguasai negeri-negeri Islam, (6) bernama Al-Mahdi, (7) kemunculannya diikuti kemunculan Dajjal, (8) lalu kemunculan Nabi Isa, (9) dan Isa menjadi makmum Al-Mahdi dalam salat (Aun Al-Ma’bud Syarah Sunan Abi Daud, jilid 11, hlm. 243).

Itulah tanda-tanda atau ciri-ciri Imam Al- Mahdi yang disebutkan dari beberapa riwayat para ulama. Saat ini sudah banyak yang mencocok-cocokkan tanda-tanda Imam Mahdi, kemudian mengklaim bahwa ia adalah Imam Mahdi. Meskipun tanda-tanda atau cirri-cirinya sudah disampaikan maka tidak salah kalau kita harus berhati-hati dengan klaim seseorang atau kelompok tertentu yang menyatakan diri sebagai Imam Mahdi atau sebagai pengikut imam Mahdi.

Namun masih merupakan sebuah kontropersi dari kalangan ulama saat ini, ada yang meyakini bahwa Imam Mahdi sudah ada, namun sebagian ulama lainnya mengatan Imam Mahdi belum ada. Tapi yang jelasnya Imam Mahdi akan datang dan memimpin umat Muslim diseluruh Dunia. Mengenai kapan datangnya hanya Allah SWT yang tau kapan pastinya ia  akan datang. Wallahu Wa’lam Bissawab

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan terbebas dari fitnah Dajjal, dan diakhirat kelak kita bisa mendapat syafaat baginda Rasulullah Sallallahu Alihi Wasallam.FolderIslamku.blogspot.com  


Mengenal Sosok Imam Mahdi dan Siapakah Al-Mahdi? Mengenal Sosok Imam Mahdi dan Siapakah Al-Mahdi? Reviewed by folderislamku.blogspot.com on November 14, 2019 Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.