Manusia Ciptaan Tuhan Yang Unik dan Langka


Manusia Ciptaan Tuhan Yang Unik dan Langka (Ilustrasi)

Manusia Ciptaan Tuhan Yang Unik dan Langka 


FolderIslamku.blogspot.com - Sejak zaman Nabi Adam hingga manusia akhir zaman kelak, tak pernah ada dua orang yang sama persis rupanya. Kita merupakan sesuatu yang lain daripada yang lain. Tak ada seorangpun yang menyerupai kita dalam catatan sejarah kehidupan ini. Belum pernah ada seorang pun yang diciptakan sama dengan Anda, dan  dipastikan tidak akan pernah ada orang yang serupa dengan Anda dikemudian hari. Fisik dan pribadi kita merefleksikan salah satu karakter penciptaan kita yaitu Esa. Oleh sebab itu penelusuran terhadap identitas seseorang yang amat personal amat dimungkinkan, analisis DNA misalnya dapat melacak identitas kasus kriminal, tertukarnya bayi, atau korban kecelakaan. Karena tubuh ini memiliki “password” yang tidak bisa ditembus oleh komponen “asing” oleh system kekebalan tubuh meski komponen tersebut berasal dari kerabat terdekat sekalipun. Ini menandakan bahwa kita adalah sesuatu yang unik dan sesuatu yang unik pastilah langka.

Sebagaimana kita ketahui bahwa wujud bioligis yang kita miliki diwariskan sebagian dari genom ayah dan sebagian dari genom ibu kita, kombinasi itu menghasilkan struktur DNA yang unik, berupa komposisi mata rantai asam amino yang tidak akan pernah terulang dua kali didunia ini. Tidak akan terulang dua pribadi maupun presentasi fisik yang sama, bahkan kembar identik satu telur sekalipun. Setiap orang memiliki biological ID yang tiada duanya, susunan genetika yang unik, sidik jari yang khas, struktur gigi tertentu, tekstur geometris permukaan lidah yang tidak mungkin ditiru oleh pihak lain, wajah yang meski terdiri dari mata hidung mulut tapi tidak akan pernah terulang, hingga kepribadian yang sangat personal.

Bukankah sesuatu yang unik biasanya menjadi mahal harganya? Karena yang unik pastilah langkah. Lihatlah emas, mengapa ia lebih mahal dibandingkan perak atau benda-benda logam lainya? Tentunya diantara alasannya mengacu pada kelangkaan  dari logam-logam teresebut. Semua yang bernilai tinggi biasanya limited edition atau bahkan special edition. Barang-barang maha karya yang bernilai tinggi diproduksi sangat terbatas. Lihatlah master piece dari barang elektronik, perhiasan, dan produk otomotif. Sebuah karya lukisan yang berhaga miliaran rupiah akan dipajang disebua galeri  khusus dengan tempat yang diistimewakan bahkan dipasangkan alaram pengaman, hingga mega struktur suatu bangunan arsitektur yang unik, megah dan indah yang akan dikenang abadi dikagumi generasi demi generasi.

Allah sudah membagi dengan adail, bakat talenta, kecenderungan, sensitivitas kemampuan tiap-tiap anak dengan kecerdasan yang berbeda-beda agar kelak hidup ini terbangun dengan moziak yang beragam dan jalinan yang begitu indah. “Katakanlah: “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya,” (QS al- Isra [17]: 84).

Maka, ironis bila sesuatu yang seharusnya mahal dipersepsi dengan nilai yang rendah. Ini bukanlah sebuah anjuran untuk bersikap arogan, namun mendudukkan potensi diri pada wadah yang selayaknya. Arogansi muncul ketika seseorang membandingkan anggapan kelebihan dirinya dengan orang lain disertai sikap merendahkan. Semestinya seseorang harus membandingkan dirinya dengan potensi ideal dirinya sendiri. Setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangan yang tidak dimiliki orang lain.

Meskipun kita adalah makhluk yang unik dan merupakan sesuatu yang mahal, tapi dalam agam kita tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk bersifat angkuh dan sombong. Karena sifat yang demikian justru akan membawa petaka bagi diri kita sendiri. Sebagaiamana sabda Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Abi Sa’ad Al Kkhudri dan Abu Hurairah ra. Rasulullah Saw bersabda “Angkuh dan sombong adalah pakain Allah Swt., maka barang siapa yang menyaingi pakaiannya, Allah akan menyiksanya.” Wallahu a’lam. FolderIslamku.blogspot.com


Manusia Ciptaan Tuhan Yang Unik dan Langka Manusia Ciptaan Tuhan Yang Unik dan Langka  Reviewed by folderislamku.blogspot.com on February 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.