Manusia Mahakarya Agung Tuhan


Manusia Mahakarya Agung Tuhan (Ilustrasi)

 

Manusia Mahakarya Agung Tuhan


FolderIslamku.blogspot.com - Sesungguhnya tidak ada satu kisah kehidupan manusia yang tidak menakjubkan. Manusai adalah Mahakarya Agung (masterpiece) yang tidak akan pernah habis untuk diperbincangkan. Konon jika ada seorang Dokter paling hebat sekalipun, yang mendedikasikan seluruh waktu hidupnya untuk mempelajari totalitas tubuh manusia, maka Paling banter ia hanya bisa memahami sekitar 10% saja. Tidak berlebihan bila dikatakan, manusia-lah wujud paling rumit di alam semesta ini. Nikmat ilahi yang dilimpahkan kepada kita, betapapun kondisi kita dalam penilaian subyektif keadaan terpuruk sekalipu, sebetulnya masih tidak terkalkulasi banyaknya. Penegasan Allah yang maha memberikan kenikmatan:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Maka jika kamu mau menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menghitungnya…,” (QS al-Nahl [16]: 18).

Nikmat-nikmat itu tampil sedemikain rupa, menjadi kebiasaan yang terintegrasi dalam kehidupan setiap harinya sehingga nyaris terlupakan. Kenikmatan hidup itu berlangsung jamak lumrah, bagai matahari yang setiap hari bersinar sehingga kita sering lupa betapa besar peranan matahari dalam kehidupan kita. Apa lagi manusia cenderung kurang menghargai sesuatu yang ia peroleh secara gratis, tapi tugas kita bukanlah untuk mengitung-hitung kenikmatan itu melainkan untuk mennsyukurinya.

Otak didalam kepala kita terkurung tengkorak, terisolasi di dalam tempat yang gelap dan sunyi, suasan sebetulnya menyimpan aktivitas yang “glamour” bergairah bagaikan sebuah pesta yang sangat meriah! Di otaklah terjadi buncahan arus elektris yang berseliweren super sibuk atau berpendaran gelombang-gelombang elektromagnetik yang merespon dunia yang kita lihat, suara yang kita dengar, aroma yang kita hirup, benda yang kita sentuh hingga mimpi-mimpi yang bergelayutan di alam bawa sadar kita.Tubuh manuasia adalah sapuan kanvas keindahan, arsitektur canggih yang mengagumkan, miliaran koloni kehidupan yang mengisahkan selaksa kemukjizatan. Bahkan ada sebuah organisasi rapi yang bekerja dengan tanggung jawab dan kedisiplinan sangat tinggi dibawah kulit kita ini.

Bahwa dibawah kulit ini berlangsung mukjizat setiap harinya. Tubuh secara internal pada dasarnya bersifat swalayan, ia memahami apa yang harus diputuskan, dikurangi, dihentikan, ditambahi, ditempel dsb. Tubuh adalah system cerdas dan sadar, holistic, dan integral. Kita tinggal menjalakan suatu kehidupan ini begitu saja, bernafas dengan lancer, berjalan dengan bebas, melihat aneka warna dan rupa, merasakan berbagai cita rasa kelezatan makanan, mendengar kemerduan suara, tidur pulas dan semua yang berkaitan dengan apa yang kita lakukan selama hidup.

Allah membuat sebuah ornament kehidupan memiliki tujuan yang sangat jelas dan semuanya tidak diselenggarakan secara sia-sia. Seluruh suku cadang tubuh ini tidak dibuat samil lalu, melainkan melewati suatu perencanaan yang serba terukur dengan tingkat akurasi yang luar biasa dan serba efisien. Allah SWT mengatakan:

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

“Maka apakah kamu memngira, bahwa sesungguhnya kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kami?,” (QS al-Mu’minun [23]: 115).

Kita adalah mahkluk berkelimpahan anugrah. Pada hakikatnya seluruh isi kehidupan merupakan wujud kenikmatan itu sendiri. Semua suku cadang anatomis yang kita miliki, 100 % merupakan pemberian belaka, TIDAK ADA SAHAM YANG ASLI MILIK KITA, SELURUH DIRI KITA ADALAH KEPUNYAAN ALLAH SWT. Wallahu’alam. FolderIslamku.blogspot.com
 
Manusia Mahakarya Agung Tuhan Manusia Mahakarya Agung Tuhan Reviewed by folderislamku.blogspot.com on March 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.